Bagaimana Cara Membayar pajak?



CARA MEMBAYAR PAJAK






Mau bayar pajak, tapi bingung bagaimana caranya?

Jangan salah, Pajak tidak dibayar di kantor pajak, apalagi membayar ke orang pajak.

Pembayaran pajak hanya dapat dilakukan di bank persepsi dan kantor pos.

Meskipun begitu, Saat ini pajak bisa dibayar dengan banyak keleluasaan seperti melalui teller langsung, atm maupun via internet banking.


Yang pertama harus anda lakukan adalah memastikan dulu pajak apa yang akan anda bayar . 


Untuk pembayaran pajak, terdapat  Kode Akun Pajak dan Kode Jenis Setoran menyesuaikan dengan pajak apa yang akan anda bayar.  Untuk rinciannnya silakan Lihat Disini atau disini. 

Sedangkan uraian pembayaran silakan diisi dengan penjelasan ringkas tentang apa yang anda bayar misal, PPh Final jual beli tanah Jl Batu no 5 malang, dll

Yang disebut Masa Pajak adalah bulan, sedangkan  Tahun Pajak adalah tahun pajak tersebut terhutang.

Yang kedua adalah membuat kode billing

Kode billing adalah kode tagihan untuk melakukan pembayaran.  untuk cara membuat kode billing silakan ikuti tautan di bawah ini:

 Yang ketiga adalah membayar pajak.
Serahkan kode billing kepada teller bank, atau masukkan kode billing yang anda peroleh dari langkah di atas ke ATM atau menu dalam internet banking

Setiap pembayaran ke Bank/kantor pos yang sah selalu mendapatkan NTPN, yakni kode pengesahan elektronik atas transaksi anda yang akan di tera langsung ke SSP anda oleh petugas penerima pembayaran pajak.


Untuk cara perhitungan pajak Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), klik disini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

50 comments

comments
Anonim
27 April 2013 04.39 delete

Apakah ada link dimana bisa donlod ssp tsb?

Reply
avatar
2 September 2014 00.42 delete

Terima kasih mas, langsung ke tkp nih, sukses terus ya :)

Reply
avatar
16 November 2014 23.07 delete

terima kasih, ini bermanfaat bagi saya sbagai pemula....

Reply
avatar
9 Februari 2015 21.35 delete

kalo nilai pajaknya 517.830 nulis di jumlah pembayarannya sesuai angka itu atau 517.800 mas?

Reply
avatar
9 Februari 2015 22.52 delete

tulis apa adanya mas, jadi tetap 517.830,-
bayar pajak adalah di bank, jadi meskipun nilainya sampai sen pun tetep diterima

Reply
avatar
8 April 2015 10.46 delete

Terus ngelapornya gimana ya? Kalau frelance kena pph berapa ya?

Reply
avatar
8 April 2015 22.18 delete

dilaporkan ke KPP terdaftar pak..
silakan hubungi Account Representative di KPP untuk penjelasan lebih detail

Reply
avatar
19 November 2015 20.45 delete

saya biasa bayar pajak lewat mandiri disana jadwalnya harus dibawah jam 11, klo di bank lain gimana ya, dan apa semua bank bisa nenerima pembayaran pajak? Khususnya pph

Reply
avatar
Anonim
6 Desember 2015 15.38 delete

Kalo pedagang biasa, jual makanan dari rumah, apa ada ketentuan berapa penghasilan minimal kena pajak?

Reply
avatar
6 Desember 2015 16.20 delete

untuk pak San Ubit
Pos Indonesia bisa menerima pembayaran di atas jam 11 pak.
atau kalau bapak mau cepat bisa bayar lewat atm dengan membuat taguhan SSP melalui internet terlebih dahulu

untuk penghasilan minimal, melalui PP 46, sudah tidak ada lagi batasan omzet minimal untuk Pajak Penghasilan, semua perhitungan pajak disederhanakan menjadi 1 % dari omzet

Reply
avatar
8 April 2016 06.57 delete

Pak irmonz.bntu saya pak .sya sedng mengurus tanah .tp yg punya tnh lansia.kendala ny sy mau byr ssp pakk bumi dan tanah kenfala penjual sdh lansia.ada saran pak unutuk mengurusnya

Reply
avatar
10 April 2016 17.00 delete

mb anita supardi, berdasarkan Ketentuan PPh, sebenarnya tidak ada kendala untuk membayar pajak meskipun pemilik tanah sdh lansia.

dalam hal penjual tidak ber NPWP, biasanya untuk kolom NPWP di kosongkan dan hanya diberi kode kantor pajak tempat tanah berada.

Reply
avatar
24 April 2016 00.53 delete

Pak... Kalo pajak penjual online ada ketentuanya belum? Trima kasih

Reply
avatar
24 April 2016 21.43 delete

sampai saat ini blm ada aturan khsus ttg transaksi online.
hanya aturan yang ada membedakan berdasarkan omzet usaha. jadi jika usaha anda masih di bawah 4,8 milyar setahun, maka anda termasuk ke dalam Wp yang terkena ayuran PP 46, dimana PPh terutanga adalah sebesar 1% dari omzet

Reply
avatar
28 April 2016 00.07 delete

Mas saya punya toko dan ingin membayar pajak. omset masih berada di bawah 4,8 M. dan menurut saya perhitungan pph sebesar 1% dari omzet cukup memberatkan. pertanyaan saya apakah masih bisa menggunakan metode pembukuan atau pencatatan ?

Reply
avatar
28 April 2016 18.38 delete

ketentuan pp 46 ttg PPh sebesar 1% memang dirasa cukup memberatkan bagi sebagian Wajib pajak. saat ini, revisi peraturan tersebut masih di bahas, dimana ke depannya besaran PPh nya diperhitungkan sebesar 0,3 -0.7 % dari omzet jika dibawah 4,8M.

Untuk saat ini, untuk usaha anda, msh diperlakukan PPh sebesar 1% tsb.

Reply
avatar
29 April 2016 21.27 delete

mau tanya kalau mau cek biaya pajak dengn Nomor objek pajak tp hanya tau npwp bisa tidak

Reply
avatar
2 Mei 2016 00.22 delete

mohon maaf, pertanyaan anda kurang spesifik.
dalam hal anda akan membayar PPh Final atas pemindahan hak, maka Dsar Pengenaan pajaknya adalah Nilai perolehan Objek pajak yang bisa berupa harga jual beli, NJOP, nilai tukar, nilai lelang dll.
PPh final pengalihan hak adalah 5% dari NPOP

Reply
avatar
3 Mei 2016 09.39 delete

Mau tanya pak,kalau usaha di bidang hasil bumi pak,illustrasi hrg beli 3400×35.000kg=119.000.000 byr tunai.susut perjalanan dan perbedaan timbangan 150kg
Jual hrg 3550×34.850kg=123.717.500
Oks muat rp.10×35.000=350.000
Oks bngkar rp.12×34.850kg=418.200
Sewa tronton rp.80×35.000kg=2.800.000
Sisa dari perdagangan sy adalah 1.149.300 ini dgn catatan barang yg di teima tdk kwna refaksi/kekeringan biji standart & lgs di byr ktika slesai timbang.. kenyataannya pmbyran bs sampai 4-5 hari.. tentu ada bunga bank di situ,yg mau sy tanyakan pak,dgn kondisi sy ini bagaimana cara sy byr pajaknya?kalau di hitung 1%dari omzet pak,brp sisa dari jerih payah sy tsb yg bs sy gunakan bersama keluarga?mohon pencerahan.. byk skali kasus spt ini pak..

Reply
avatar
3 Mei 2016 17.31 delete

terimakasih pak, seperti saya singgung di atas, ketentuan PPh final 1% memang blm mencerminkan keadilan bagi beberapa pelaku pasar.
perlu diingat bahwa PP 46 merupakan penyempurnaan dari ketentuan sebelumnya. ke depannya ketentuan ini akan trs dikaji dan diperbaiki sehingga bisa mencerminakn pajak yang berkeadilan bagi semua pihak.

Reply
avatar
9 Juni 2016 18.33 delete

Mas mau nanya, bisa gak bayar pajak tapi hanya membawa kertas fotocopy yg di berikan orang pajak, soalnya kartu npwp blm dateng

Reply
avatar
9 Juni 2016 18.34 delete

Mas mau nanya, bisa gak bayar pajak tapi hanya membawa kertas fotocopy yg di berikan orang pajak, soalnya kartu npwp blm dateng

Reply
avatar
9 Juni 2016 20.12 delete

bisa mas, bayarnya cukup dengan melihat nomer NPWP saja, tanpa perlu ada kartu fisiknya
silakan kunjungi

http://berbagipajak.blogspot.co.id/2016/01/cara-bayar-pajak-2016-sms.html

Reply
avatar
Anonim
13 Juli 2016 21.11 delete

Kalau NPWP penjual NPWP Bogor, boleh bayar di Jakarta nggak Pak? Terus srkarang harus online semua ya?

Reply
avatar
14 Juli 2016 01.07 delete

pembayaran pajak mulai 2016 dengan menggunakan system ebilling. diman wp membuat sendiri tagihan pajaknya melalui internet/sms
kode yg dihasilkan oleh tagihan tersebutlah yg kemudian dibayarkan, bisa ke teller bank, kantor pos maupun melalui atm

silakan kunjungi

http://berbagipajak.blogspot.co.id/2016/01/cara-bayar-pajak-2016-sms.html

Reply
avatar
3 Oktober 2016 15.31 delete

Mas mau nanya.. cara tau jumlah pajak yg harus di bayar bgmn?

Reply
avatar
5 Oktober 2016 21.45 delete

mb @suci Yustami, pajak dihitung oleh Wp sendiri sesuai dengan prinsip self assesment.
jumlah pajak terutang berbeda-beda untuk tiap jenisnya, misalnya untuk PPn 10%, PPh UMKM 1% dst

Reply
avatar
8 Desember 2016 15.58 delete

klo slip pnyetoran pajak hilang ap di kantor pos ad yaa

Reply
avatar
8 Desember 2016 20.40 delete

silakan hubungi AR di KPP anda,
bukti peyetoran pajak tidalklah terlalu penting karena pembayaran pajak sudah menggunakan sistem MPN, sehingga setiap kantor pajak bisa mengetahui pembayaran anda tanpa memerlukan bukti pembayaran asli

Reply
avatar
16 Maret 2017 03.19 delete

gak paham ,pgn tau kira" ada yang mau bantu tidak ?

Reply
avatar
16 Maret 2017 03.27 delete

help me, saya kerja di sebuah perusahaan dia baru mendirikan dia suruh aku urus pembayaran fajak tp saya tidak faham cara pengetahui harus berapa banyak yg harus saya bayar


Reply
avatar
19 Maret 2017 21.35 delete

silakan kunjungi blog saya http://berbagipajak.blogspot.co.id/2016/01/cara-bayar-pajak-2016.html

Reply
avatar
13 Desember 2017 19.13 delete

Mau tanya dong tolong dibantu . Saya kan baru bikin npwp pribadi . Nah sedangkan saya gajian ini dibayar nya cash . Terus saya bayar pajaknya gimana kemana.? Terimakasih

Reply
avatar
17 Januari 2018 17.02 delete

bos .. sy pengelola pelatihan... uang transport peserta bayar ke pos. apakah sy tetep ngis blangko SSP, ataukah sy cukup dg menunjukan NPWP dan nominal yg akan sy bayar.... trim

Reply
avatar
23 Januari 2018 02.52 delete

mau tanya pak saya mau urus pajak jual beli sebidang tanah orang lain hanya urus pembayaran ssp dan bphtb nya saja dan tdk ada npwp bagaimana caranya ?

Reply
avatar
Anonim
4 Februari 2018 21.01 delete

melakukan pembayaran pajak melalui kantor pos dengan hanya membawa kartu NPWP,bisa pak..??

Reply
avatar
19 Februari 2018 23.03 delete

Maaf syavmau tanya klo gaji di bawah 3jt bayar pjak nya brp ya mas?

Reply
avatar
20 Februari 2018 01.48 delete

untuk karyawan, pajak lgsg dipotong oleh perusahaan. dimana untuk 2017, PTKP adalah sebesar minimal Rp. 4,5 juta sebulan.
kalau gaji anda di bawah PTKP, pastikan anda tidak dipotong oleh perusahaan.
Namun, setiap akhir tahun (maksimal maret tahun berikutnya), anda tetep wajib melaporkan SPT Tahunan PPh. GUnakan formulir 1770SS, dan lampirkan keterangan penghasilan

Reply
avatar
20 Februari 2018 01.50 delete

Pembayaran pajak menggunakan kode billing, jika anda kesulitan silakan hub kantor pajak terdekat untuk meminta bantuan pembuatan kode billing. Di beberapa KPP disediakan layanan pembuatan kode billing melalui sms

Reply
avatar
20 Februari 2018 01.52 delete

mb @Anissa, Perusahaan wajib memotong pajak. dalam hal gaji anda tidak dipotong, silakan melakukan perhitungan pajak sendiri dengan mengurangkan pengahsailan netto dengan PTKP

Reply
avatar
20 Februari 2018 01.55 delete

@Mahumet, untuk pembayaran SSP jika belum memiliki NPWP ada 2 cara, pertama anda daftar NPWP terlebih dahulu, yang kedua, anda bayar dengan NPWP 00.000.000.0-xxx.000
xxx adalah kode KPP yang wilayah kerjanya mencakup domisili anda

Reply
avatar
22 Maret 2018 19.27 delete

iya, tetep wajib lapor. untuk pelaporannya wajib sejak mendapatkan NPWP. jika belum ada penghasilan di tahun 2017
silakan gunakan SPT 1770SS, lampirkan surat pernyataan blm berpenghasilan atau keterangan lain yang sejenis

Reply
avatar
26 Maret 2018 08.59 delete

Mau tanya pak kalo udah punya npwp tp tdak lapor apa ada sanksi nya

Trimakasih

Reply
avatar
26 Maret 2018 18.02 delete

Untuk sanksi administrasi, terdapat beberapa tingkatan sanksi, mulai dari yang teringan adalah denda Pasal 7 KUP hingga yang terberat adalah Pemeriksaan Bukti Permulaan.
kami sarankan anda untuk melaporkan secara rutin kewajiban perpajakan anda secara baik dan benar untuk menghindari adanya sanksi pajak tersebut.

Reply
avatar
4 April 2018 17.44 delete

bagaimana cara buat laporan tahunan bahwa usaha belum maksimal ya pak? 🙏

Reply
avatar
5 April 2018 17.47 delete

pajak menggunakan asas self assesment. artinya, kantor pajak harus menerima apapun laporan yang anda buat.
Jadi laporkan saja apa adanya laporan keuangan usaha anda.
Untuk omzet dibawah 4,8 milyar setahun, dikenakan pajak final 1% dr omzet usaha, jadi tidak bergantung kepada berapa keuntungan atau kerugian usaha

Reply
avatar
8 April 2018 16.49 delete

Mau bertanya pa..
Kalo saya ada proyek senilai 1milyar sedangakan keuntungan saya semisal 10persen mnjadi 100 jt untungnya..apakahlapoarn pajaknya yg 1 milyar atau yg 100 jt..yg 1 prsen itu

Reply
avatar
9 April 2018 02.09 delete

Secara umum PP 46 dihitung dari omzet/peredaran usaha.

hanya saja untuk pekerjaan konstruksi terdapat aturan mengenai jasa konstruksi, dimana atas pekerjaan atas jasa konstruksi, dikenai pajak dg PP 51 tahun 2008.

Reply
avatar